Sabtu, 06 Desember 2014

Sejumlah warga India buta setelah melakukan operasi katarak gratis

SEDIKITNYA 11 warga India jadi buta gara-gara ikut operasi katarak gratis di negara bagian Punjab, wilayah utara India. Demikian pejabat setempat mengatakan, Jumat (5/12/2014) yang dikutip dari intisari- online.

Pemerintah setempat mengatakan, 62 orang menjalani operasi gratis yang digelar oleh sebuah lembaga kesehatan amal pada 4 November lalu. Pemerintah kini tengah mendata jumlah warga yang justru menjadi buta setelah operasi itu."Saat ini, setidaknya dipastikan 11 orang pasien justru menjadi buta setelah operasi itu," kata Abhinav Trikha, wakil komisioner distrik Gurdaspur, negara bagian Punjab. Kasus ini menimbulkan keprihatinan terkait kualitas prosedur kesehatan di India setelah kematian 13 perempuan setelah menjalani operasi sterilisasi di India tengah. Seorang dokter pemerintah yang merawat para pasien katarak itu mengatakan, para pasien itu terkena infeksi setelah menjalani pembedahan katarak pada 4 November lalu."Mereka datang dengan kondisi yang sudah sangat parah, infeksi yang mereka derita sudah menyebar. Peluang mereka untuk bisa melihat lagi sangat kecil," kata Karanjeet Singhkepada stasiun televisi NDTV.

Pemerintah mengatakan, masalah ini baru diketahui setelah para korban mengadukan nasibnya pekan ini. "Semua 11 pasien itu datang kepada kami pada Rabu lalu dan menceritakan soal kamp medis yang mereka datangi,"  kata wakil komisaris distrik Amritsar, Ravi Bhagat.  11 warga India jadi buta gara-gara ikut operasi katarak gratis"Para pasien itu kini dirawat di rumah sakit pemerintah, tetapi semuanya sudah kehilangan penglihatan," tambah Bhagat. Bhagat menambahkan, kamp  kesehatan itu digelar tanpa izin pemerintah setempat. Dengan demikian, pemerintah kini mengajukan gugatan hukum terhadap RS Amal Guru Nanak, sebagai penyelengagara  operasi katarak tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar