Selasa, 09 Desember 2014

Madu, manfaatnya untuk ibu hamil

MADU sudah sejak lama di kenal memiliki beragam manfaat dan khasiat, salah satunya yang banyak di percaya adalah manfaat madu untuk ibu hamil Muda. Madu sangat bermanfaat untuk ibu hamil karena kaya akan kandungan vitamin, mineral, asam amino dan enzim yang sangat baik untuk kesehatan. Selain itu Madu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu menyembuhkan luka lebih cepat, meredakan sakit tenggorokan, mengurangi mual dengan menetralkan asam lambung dan lain-lain.

Madu juga berkhasiat untuk mengusir pilek yang sering dialami oleh wanita selama masa kehamilan. Madu murni yang dicampur dengan susu juga bisa mengurangi nyeri atau panas di bagian dada. Wanita hamil juga sering mengalami mual di pagi hari dan untuk mengatasinya bisa dengan mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat tanpa pemanis.

Madu memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh pada ibu hamil, daya tahan tubuh ini sangat diperlukan untuk mempersiapkan diri menjelang persalinan. Selain itu madu memiliki kandungan antibiotik yang berguna untuk membunuh berbagai kuman dan penyakit yang mengganggu dalam tubuh. Madu juga mengandung asam folat yang memiliki ragam manfaat untuk tubuh, asam folat ini berguna untukmasa awal kehamilan, karena asam folat yang terkandung dalam madu akan membantu pertumbuhan dan pembentukan janin sehingga nanti janin akan tumbuh dan lahir dengan sempurna. Madu juga dapat memperlancar proses persalinan karena zat prostagelandine yang terkandung dalam madu dapat membuat mempercepat kontraksi dan leher rahim menjadi melebar dengan baik.

Di sisi lain, madu ternyata sering mengandung spora yang dapat menyebabkan penyakit mematikan yakni botulisme bayi. Spora botulisme dapat ditemukan di seluruh alam baik itu di tanah, debu, dan pada permukaan kulit buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci atau dikupas. Hasil penelitian menyatakan bahwa spora terdapat di sekitar 10 persen dari sampel madu yang diuji. Spora ini sulit untuk dibasmi karena cukup tahan panas dan bahkan bisa bertahan meskipun dididihkan selama beberapa jam.Para peneliti di negara barat menganjurkan bahwa anak-anak dibawah 1 tahun sebaiknya tidak diberi madu kecuali madu tersebut sudah disertifikasi bebas spora atau sudah melalui proses pasteurisasi. Pastikan juga bahwa madu yang akan Sobat konsumsi itu adalah madu murni sehingga akan mendapatkan manfaat atau khasiat yang optimal.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat madu untuk kesehatan ibu hamil, semoga bermanfaat untuk subat sekalian.

0 komentar:

Posting Komentar