Rabu, 10 Desember 2014

Daun beluntas beserta manfaatnya

BELUNTAS, mungkin bagi masyarakat perkotaan sangat jarang menemuka tanaman ini namun beda halnya bagi mereka yang tinggal di pedesaan. Di pedesaan biasanya beluntas ditanam selain untuk dikonsumsi tapi juga dimanfaatkan sebagai pagar 'hidup'.

Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan pada akar beluntas terdapat kandungan flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis dan rasanya getir namun menyegarkan. Seperti yang dikutip dari vemale.com, berikut ini empat manfaat dan khasiat daun beluntas untuk kesehatan yang bisa Sobat dapatkan:

1.Dapat digunakan sebagai antibacterial extract.
Hal tersebut telah diuji oleh  beberapa ahli yang dilakukan terhadap bakteri-bakteri dari kelompok patogen penyebab keracunan makanan seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, Staphylococcus aureus, dan Bacillus cereus.

2. Dapat mengatasi bau badan dan bau mulut
Kita dapat menggunakan daun beluntas sebagai lalapan atau dimasak dengan cara di kukus saja untuk mengatasi bau badan dan bau mulut yang mengganggu.

3.Dapat mengatasi keputihan.
Bagi wanita, masalah keputihan tentu saja menjadi suatu masalah yang serius. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun beluntas. Caranya cukup ambil 20 helai daun ini direbus dengan segelas air  Kemudian minum ramuan ini dua kali sehari.manfaat daun sirih juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan selain daun beluntas.

4.Untuk mengatasi nyeri haid Datang bulan pada wanita memang terkadang membuat nyeri yang sangat menyiksa. Sobat dapat mengatasinya menggunakan daun beluntas, caranya ambil 20 helai daun beluntas kemudian rebus dengan segelas air. Tambahkan sedikit asam atau garam. Ramuan ini dapat meredakan nyeri haid yang sering menggangu wanita yang rutin terjadi hampir tiap bulan.

Barangkali cuma ini yang bisa saya bagikan ke Sobat semua, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar